11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog Anda

11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog Anda - Halo semuaya bagaimana nih kabarnya? Semoga baik-baik saja. Oke pada artikel kali ini kita bakal membahas tentang blogging lagi. Mungkin bagi para pembaca sekalian memiliki sebuah blog atau website yang pengunjungnya masih sedikit alias sepi. Nah tak usah khawatir, karena di artikel kali ini kita bakal membahas tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan pengunjung blog atau website.

Cara yang Saya berikan ini mungkin membutuhkan kesabaran dan juga usaha(tentu saja dong, kalau tidak ada usaha tidak mungkin blog atau website kita bakal banyak pengunjung). Kenapa begitu? Karena tentu semua hal harus didasari dari niat serta usaha, benar bukan? Hehe, oke langsung saja kita bahas, ini dia cara meningkatkan pengunjung blog.

1. Tulis Minimal 5 Artikel Pilar Utama

Artikel dalam sebuah blog merupakan sesuatu yang penting karena bisa dikatakan konten adalah raja dalam sebuah blog.Artikel pilar biasanya menjelaskan tentang sesuatu bagaimana menyelesaikan masalah yang mana pastinya sangat dicari oleh orang lain yang ingin menyelesaikan masalahnya.Secara Umum artikel anda kalau minimal harus lebih dari 500 kata dan lebih bagus jika anda mampu membuat artikel dengan 1000-2000 kata dengan ditambah tips dan saran-saran praktis untuk menyempurnakan artikel anda.

Artikel yang bisa dianggap sebagai artikel pilar yang mengandung unsur "How To" yang bagus.Artikel seperti saya pastikan bagus untuk meningkat pengunjung anda yang pastinya memiliki magnet dan tetap aktual (tidak bergantung waktu dan nilai) namun menawarkan nilai manfaat yang tinggi.Maka segeralah buat artikel pilar anda karena semakin banyak akan semakin bagus untuk blog anda.

2. Tulis Artikel Minimal Satu Setiap Hari

Konsistensi anda dalam membangun blog dibutuhkan sekali disini, minimal anda harus membuat satu artikel setiap hari.Artikel anda tidak harus berupa artikel pilar tapi niat baik dan ketulusan anda dalam menulis dalam membangun blog sangat penting.Hal yang dicatat disini adalah anda ingin menunjukkan kepada pengunjung blog baru anda bahwa anda akan selalu mengupdate tulisan anda setiap hari, sehingga mereka ingin kembali lagi besok dan mengunjungi blog anda.

Memang tidak mudah meenemukan inspirasi dalam menulis sehingga anda tidak harus menulis artikel setiap hari tapi bisa melakukan trik membuat artikel sehari tiga artikel dan jadwalkan artikel dalam tiga hari untuk tiga artikel.Namun saya katakan penting bagi anda melakukannya ketika blog anda masih baru.
 Dengan jumlah pengunjung dan artikel update setipa hari ada peluang untuk anda mendapat visitor setia yang mau memborkmark dan berlangganan rss blog anda.
3. Gunakan Domain Yang Benar

Anda harus serius dalam menyebutkan blog anda dengan memberikan nama domain yang bagus dan mudah diingat yang pastinya masih relevan dengan niche blog anda.Anda membutuhkan blog yang mudah diingat agar orang lain juga mudah mengingat blog anda dan sharing tentang blog anda.Jika anda belum memiliki domain yang anda harapkan dan sesuai sebagai alternatif anda bisa menggunakan brand personal anda seperti yang saya lakukan pada leangle yang mana sudah puluhan tahun nama ini melekat di belakang nama saya dan unik.

Unik disini maksudnya adalah hampir tidak ada atau bahkan tidak ada blog lain yang tau dan memiliki nama yang sama.Walaupun saya pribadi juga terkejut karena waktu saya memberi nama leangle dalam blog ini ternyata sudah ada yang memiliki leangle.com di internet.Orang sering berbicara tentang blog yang mereka suka ketika mereka berbicara dengan teman mereka di dunia nyata (dunia offline) maka anda harus membuatnya mudah untuk menyebut nama blog dan URL blog anda. Coba dapatkan ekstensi domain “.com” jika mungkin dan fokuskan untuk mendapatkan nama domain yang singkat dan mudah diingat alih-alih khawatir tentang bagaimana menemukan kata kunci yang tepat (tentu saja jika Anda bisa mendapatkan kata kunci yang tepat akan jauh lebih baik). 

4. Mulailah Memberi Komentar Dengan Blogwalking

Tahukah anda dalam dunia blogging pengunjung merupakan aset tertinggi dalam sebuah blog.Mayoritas pengunjung anda pun pastinya memiliki blog bahkan mereka terkadang meninggalkan jejak pada komentarnya dengan menaruh link pada blog anda dengan harapan anda berkunjung balik di blog mereka.

 Setelah anda memiliki pilar artikel di blog anda maka anda harus pastikan blog akan anda umumkan pada dunia bahwa anda memiliki blog yang berkualitas yang siap dimumkan.Salah satu cara terbaik mendapatkan pembaca yang tertarget adalah dengan mengunjungi bog lain yang memiliki niche  sama dengan blog anda.Nilai positif lebih akan anda dapatkan dalam search engine karena anda blogwalking yang sehat dan bagus dalam penilaian serach engine.

Adanya sistem komentar blog memungkinkan anda untuk meninggalkan link nama blog anda ketika anda memberikan komentar. Dengan cara inilah orang akan menemukan blog anda. Jika anda memberikan komentar yang bagus dan selalu memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan, maka orang akan tertarik untuk membaca tulisan anda dan karenanya sebuah alasan rasional itula mereka akan mengunjungi blog Anda.

5. Berikan Trackback Atau Backlink Blog Lain Di Artikel Anda

Trackback merupakan semacam model percakapan di dalam blog.Ketika Anda menulis artikel baru di blog anda dan memberikan link atau referensi ke artikel dari blog lain, Anda bisa memberikan trackback bagi mereka. Dengan kata lain, Anda meninggalkan link artikel dari blog Anda di blog mereka – ini seperti memberitahu mereka bahwa Anda menulis sebuah artikel yang menyebut tentang mereka. Trackback seringkali mirip komentar.


Ini adalah sebuah teknik yang bagus karena seperti halnya meninggalkan komentar, sebuah trackback juga meninggalkan link sehingga pembaca bisa mengikutinya, namun trackback juga memberikan sesuatu yang sangat penting karena ini membuat anda mendapatkan perhatian dari blogger lain. Blogger lain akan datang dan membaca posting artikel anda karena ingin tahu apa yang Anda tulis tentang mereka.

Selanjutnya mereka mungkin akan menjadi pembaca setia blog anda atau setidaknya akan memonitor anda dan jika anda beruntung suatu ketika mereka mungkin akan menulis posting artikel yang memberikan link ke blog Anda sehingga akan memberikan lebih banyak pembaca baru ke blog Anda.Anda juga bisa memcoba mengikuti email mereka dan ketika ada email masuk tentang blog mereka anda bisa langsung membalas pesan dengan meminta untuk mendapatkan trackback jika beruntung mereka akan mau memberikan anda trackback kembali untuk anda sewaktu-waktu.Trackback seperti ini sangat disukai oleh google.

6. Dorong Pembaca Berkomentar Di Artikel Anda

Salah satu cara meyakinkan seseorang agar mau menjadi pembaca setia blog anda adalah dengan menunjukkan bahwa ada pembaca setia lain yang telah membaca blog Anda. Jika mereka melihat orang-orang berkomentar di blog Anda maka mereka akan berpikir bahwa konten anda pasti bagus karena anda memiliki pembaca yang banyak. Untuk mendorong komentar, Anda cukup memberikan sebuah pertanyaan di posting artikel anda. Pastikan anda harus selalu membalas komentar sehingga anda bisa menjaga agar percakapan di blog anda terus berlangsung.

7. Masukkan Artikel Blog Anda Ke Carnival


Blog carnival adalah sebuah posting pilihan dalam sebuah blog yang merangkum koleksi artikel dari berbagai blog yang berbeda mengenai topik tertentu dan sudah diseleksi dengan begitu ketat. Ide dasarnya adalah untuk mengumpulkan sejumlah konten yang terbaik mengenai sebuah topik dalam jangka waktu tertentu. Seringkali, blog-blog lain akan memberikan backlink ke blog carnival dan dengan demikian mereka yang artikelnya ditampilkan di blog carnival akan mendapatkan kesempatan menerima pembaca baru.
 Untuk menemukan blog carnival yang tepat bagi blog Anda, Anda bisa mencari melalui Google.
8. Daftarkan Blog Anda di Blogtopsites.com

Disini saya tidak menjanjikan blog anda akan mendapatkan pengunjung yang melimpah, tetapi hal ini sangat mudah anda lakukan dan hanya butuh waktu sepuluh menit sehingga sangat pantas untuk dilakukan.Kunjungi situs blogtopsites kemudian daftarkan blog anda sesuai niche blog anda.Anda akan mendapatkan mungkin hanya lima sampai 10 pengunjung di blog ini namun dengan seiring waktu proses akan berjalan jumlah tersebut akan meningkat seiring top ranking blog anda juga meningkat.

9. Masukkan Artikel Anda Ke Ezinearticle.com

Ini adalah tips lain yang tidak akan memberikan ratusan pengunjung baru secara langsung (meskipun itu bisa terjadi jika anda terus melakukannya) dalam versi Indonesia anda bisa melakukannya di vivalog.Namun langkah ini cukup layak dilakukan karena Anda sekedar memperkuat apa yang sudaha anda miliki yakni artikel pilar Anda. Jika Anda menulis dalam bahasa Inggris, cobalah satu kali seminggu atau lebih ambil salah satu artikel pilar Anda dan masukkan ke EzineArticles.com. Artikel Anda selanjutnya bisa dibaca dan dipublikasikan ulang di situs atau newsletter mereka yang membaca artikel Anda.

Baca Juga : Pengalaman Saya Dapat Pengunjung Ratusan Ribu

Bagaimana anda mendapatkan keuntungan adalah melalui apa yang disebut “Kotak Resource” anda. anda menciptakan sendiri kotak resource Anda yang mirip file signature dimana Anda mencantumkan satu atau dua kalimat dan memberikan backlink ke blog anda. Setiap orang yang mempublikasikan artikel anda harus mencantumkan kotak resource anda sehingga Anda akan mendapatkan backlink juga. Jika seseorang yang memiliki newsletter dengan pembaca yang cukup banyak mempublikasikan artikel Anda, maka Anda juga akan mendapatkan banyak pembaca baru.

10. Tulislah Lebih Banyak Artikel Pilar

Apapun yang anda lakukan diatas akan membantu anda untuk menemukan pembaca, namun semua teknik yang saya sampaikan tersebut hanya akan bekerja dengan baik apabila anda telah memiliki artikel pilar yang cukup kuat. Tanpa artikel pilar, jika anda melakukan semua hal diatas anda mungkin akan mendapatkan pembaca namun mereka tidak akan bertahan lama atau malas untuk kembali. Fokuskan untuk menulis satu artikel pilar yang bagus setiap minggu dan di akhir tahun anda akan memiliki sebuah data base dengan lebih dari 50 artikel pilar yang bagus yang akan bekerja keras demi anda untuk mendatangkan lebih banyak pembaca. 

11. Submit Artikel ke Media Sosial

Terakhir ini adalh yang paling ampuh dalam meningkatkan pengunjung blog anda yaitu dengan mengirimkan artikel ke sosial borkmark seperti vivalog,liputan6, lintas me, atau borkmark lainnya.Namun saya sarankan kirim ke vivalog karena saya sudah merasakan lonjakan gratis hingga puluhan ribu visitor pada artikel saya tepatnya kemaren pada tanggal 15 Mei 2016.Namun anda harus bersaing dengan ribuan orang untuk artikel anda bisa diterima oleh vivalog karena banyaknya blogger yang submit kesana dan vivalog menyaring paling banyak 300 artikel per hari.Jika sudah diterima artikel saya pastikan artikel anda akan meningkat drastis.

Selamat mencoba 

Catatan : artikel ini merupakan artikel terjemahan dan aslinya ditulis oleh Yaro Starak, seorang profesional blogger. Ia adalah penggagas program mentoring Blog Mastermind yang ditujukan untuk mengajar blogger bagaimana cara mendapatkan penghasilan full time dengan aktivitas blogging secara part-time.Artikel ini juga saya ambil dari referensi dari Pak Medhi Aginta Hidayat yang telah mnterjemahkan Blog Mastermind dari Yaro Starak








 
Title: 11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog Anda
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-09-18T15:08:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog Anda "

Post a Comment