Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Internet Bagi Kehidupan Manusia

Andi-Leangle.Blogspot.Com - Internet sudah seperti kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Khususnya bagi Anda yang kesehariannya membutuhkan koneksi internet untuk berbagai pekerjaan. Internet memberikan kemudahan dalam akses informasi, komunikasi, transportasi, dan lain sebagainya. Namun, disisi lain internet juga dapat menyebabkan dampak negatif bagi para pemakainya.

Baca Juga : Bermodalkan Teknologi Dapatkan Uang Melalui Internet

Manfaat dan Kerugian Penggunaan Internet

Internet mampu mempengaruhi berbagai bidang kehidupan. Internet bisa memberikan manfaat yang besar sekaligus bisa pula memberikan kerugian bagi penggunanya. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait manfaat dan kerugian penggunaan internet bagi umat manusia.

Manfaat Penggunaan Internet

1. Hiburan

Hadirnya internet berdampak pada kemudahan para pengguna untuk menikmati hiburan dengan praktis dan cepat, salah satunya game online. Tentunya dengan bermain game bisa menghilangkan kebosanan dan kejenuhan.

2. Media Sosial

Perkembangan internet seiring dengan perkembangan sosial media juga. Berbagai sosial media dapat diaskes secara mudah dan cepat dengan adanya internet. Adanya sosial media ini dapat mempermudah komunikasi dengan teman jarak jauh, bahkan menambah teman baru dari berbagai negara. Selain itu media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi bisnis.

3. Edukasi

Internet juga bisa digunakan sebagai media edukasi. Ada banyak situs yang digunakan sebagai sarana pendidikan seperti Wikipedia, dan lainnya. Jadi, dengan internet juga memudahkan para pelajar untuk belajar dan mencari materi pembelajaran yang dibutuhkan.

4. Informasi

Berbagai informasi tentang kabar-kabar terbaru di dunia dapat diakses melaui internet. Situs penyedia informasi seperti yahoo.com, kompas.com, viva news dan sebagainya dapat digunakan sebagai salah satu website yang akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

5. Akses 24 Jam
Menariknya lagi akses internet tidak dibatasi waktu. Anda dapat mengakses internet selama 24 jam penuh. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menggunakan internet setiap saat.

Kerugian Penggunaan Internet

Selain memberikan manfaat, internet juga dapat menimbulkan dampak negatif apabila tidak digunakan dengan bijak. Nah, berikut ini adalah berbagai dampak negatif atau kerugian penggunaan internet.

1. Informasi Palsu Di Mana-Mana (Hoax)

Internet memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi, akan tetapi internet juga menghadirkan berbagai informasi palsu atau berita hoax yang kemudian dapat menimbulkan salah tafsir para pengguna internet terkait berita yang dibaca.

2. Selektivitas dan Anonimitas

Internet yang semakin berkembang menyebabkan banyaknya para pengguna internet yang membuat akun. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun yang belum tentu menggunakan identitas asli. Hal ini tentu, membutuhkan selektivitas dalam menentukan sampling serta responden untuk membuat riset online.

3. Clutter Dan “Never-Ending Search”

Informasi di internet jumlahnya sangat besar, akan tetapi tidak semua informasi dibutuhkan.  Hal ini menyebabkan para pengguna mendapatkan informasi yang tak berujung. Bahkan kadang harus menghabiskan waktu dan uang untuk mendapatkan informasi yang sesuai keinginan. Selain mendapatkan informasi yang tak berujung, para pengguna terkadang justru melakukan pencarian ke situs-situs porno yang mengakibatkan pencarian informasi lepas kendali.

4. Virus

Salah satu kerugian penggunaan internet adalah adanya virus yang menyerang perangkat komputer. Hal ini tentu dapat merusak beberapa file bahkan sistem komputer. Virus ini biasanya menyebar melalui pencarian dibeberapa situs, email, maupun file-file unduhan.

5. Privasi Mudah Dibobol

Internet juga bisa digunakan sebagai salah satu ruang penyimpanan yang praktis. Akan tetapi dibalik kepraktisannya, file yang terunggah dalam internet justru membahayakan pemiliknya. Banyak hacker yang membobol sistem keamanan para pengguna dan mengambil file-file pribadi yang Anda unggah. Kemudian digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Nah, itulah beragam manfaat dan kerugian penggunaan internet yang sebaiknya anda tahu.. Semoga informasi di atas dapat memberikan kesadaran kepada kita semua untuk menggunakan internet dengan bijak agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Title: Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Internet Bagi Kehidupan Manusia
Posted by: Andi Leangle
Published : 2017-08-31T21:30:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Internet Bagi Kehidupan Manusia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Manfaat Dan Kerugian Penggunaan Internet Bagi Kehidupan Manusia "

Post a Comment